Entri Populer

Jam Berapa Yaa?

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Minggu, 21 Oktober 2012

Pentakit Pada Alat Pencernaan Manusia

  • Mag (Radang Lambung)
Pentakit ini ditandai dengan gejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaaan makan secara tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung akan kosong tanpa isi. Akibtnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan akan melukai lambung.
  • Apendisitis (Radang Apendiks *Umbai cacing*)
Radang pada apendiks ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan bawah dan biasanya disetai demam. Apendiks adalah tonjolan kecil pada usus buntu (Sekum). Penyakit ini disebabkan ada-nya makanan yang masuk ke Apendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang ini.
  • Disentri
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Alat pencernaan yang diserag adalah usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah - muntah dan buang air besar terus - menerus. Disentri  dapat dicegah degan cara menjaga kebersihan makanan dan perlengkapan makan
  • Sembelit
Gejala Penyakit ini adalah  susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan oleh makanan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang serat dapat mengganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu penyerapan air di usus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air akibatnya, sisa makanan menjad padat, sehingga sulit dikeluarkan. Cntoh makanan berserat yaitu sauran dan buah.


(Sumber  Bacaan : Buku pelajaran IPA kelas 5)

separador

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Visitor

free counters

Followers

Tambahan Blog

Blogger Templates WIDGET English Ver.
Melayu Ver.
Indonesia Ver.